Thursday, June 22, 2017

PIDATO SAMBUTAN PADA WALIMATUL KHITAN

Tags

PIDATO SAMBUTAN PADA WALIMATUL KHITAN 



PIDATO SAMBUTAN PADA WALIMATUL KHITAN 

BISMILLAAHIRROHMAANIRROHIIM. ALHAMDULILLAAHI ROBBIL ’AALAMIINA. WASSOLAATU WAS SALAAMU ”ALAA ASYROFIL ANBIYAA' l WAL MURSALHNA, WA“ ‘ALAA AAALIHI WASHOHBIHI AJMA’IINA. AMMAABA’DU
Artinya: ”Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang Segala puji-papan hanya milik Allah 'Tuhan pemelihara alam semesta. Semoga rahmat dan salam tetap terlimpahkaan kepada seorang Nabi dan utusan yang paling mulia yaitu junjungan Nabi Muhammad, dan kepada keluarganya para sahabat semuanya). Ammaa ba'du


Bapak-bapak serta para hadirin sekalian yang dimuliakan oleh Allah! . . Untuk mengawali resepsi malam walimatul khitan ini, marilah kita mengucapkan tahmid dan tasyakkur kehadirat Allah SWT. selaku Tuhan dari seluruh alam ini, karena Dialah sumber dari segala kenikmatan dan keselamatan.

Selanjutnya ucapan SHOLAWATULLOOHI WASALAAMUHI tetap tercurahkan kepada junjungan kepada Nabi Muhammad saw. keluarganya, para sahabatnya dan 'semua orang-orang yang mengikuti ajaran-ajarannya. Sehingga dengan kehadiran Nabi Muhammad saw.'ditengah-tengah kita umat Islam kita dapat membedakan mana barang yang haq, yang diridloi oleh Allah, dan mana barang yang bathil yang dimurkai oleh Allah.

Pada malam ini kami mendapat penghormatan dari bapak mohibul hajat, bapak“ Husnan untuk menyampaikan sepatah dua kata dalam acara walimatul khitan ini, mudah-mudahan apa yang kami mmpaikan nanti berkenan dihati para hadirin sekalian.

Pertama kami atas nama keluarga bapak Husnan mengucap. kan ribuan terima kasih yang telah menyempatkan waktu dite… hgahtengah kesibukan tugas, untuk memenuhi undangan bapak Hasnan. Untuk itu kami atas nama keluarga sekali lagi mengucapkan ribuan terima kasih, semoga atas jerih payah dari bapak-bapak sekalian dibalas oleh Allah SWT. dengan balasan yang setimpal.


Kedua, kami atas nama keluarga mohon do’ a restu dari bapak bapak sekalian mudah-mudahan anak dari bapak Hasnan yang insya Allah akan dikhitan besuk pagi diberi keselamatan oleh Allah, dan kelak menjadi anak yang sholeh, anak yang taat kepada Silah: kepada kedua orang tuanya berguna bagi agama nusa dan _ angsa.

Selanjutnya kami atas nama keluarga dari bapak Shohibul hajat mohon maaf yang sebesarbesarnya apabila ada sesuatu hal yang kurang berkenan dihati para hadirin apakah itu berupa pe nyambutan tamu, penyediaan tempat duduk atau hidangan

. Hadirin sekalian yang berbahagia. '

Khitan itu adalah syari at atau peraturan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim yang kemudian dilanjutkan oleh'Nabiyullah Mu… 'hammad~SAW, ydengan sendirinya khitan itu menjadi ajaran Islam. Didalamal-Qur’an telah ditegaskan Nabi Muhammad saw. supaya mengikuti ajaranajaran yang telah disampaikan 'Tuhan kepada Nabi Ibrahim, utamanya soal khitan ini. Misalnya dalam surat An Nahl ayat 123 Allah berfirman:


”TSUMMA AUHAINAA ILAIKA ANIT TABI’ MILLATA IBROOHIIMA HANIIFAN”

Artinya :
"Kemudian Kami (Allah) mewahyukan kepada engkau (hai Muhammad) Hendaklah engkau mengikuti kepercayaan Nabi Ibrahim, dengan sebulat hati”

dalam surat Ali Imron ayat 95 ditegaskan lagi oleh Allah;

FATTABI’UU MILLATA IBROOHIIMA HANIIFAN".

Artinya : ”Maka turutilah agama Nabi Ibrahim yang lurus” ibrahim

Sudah kita maklumi bersama bahwa khitan itu berasal &… bahasa Arab,, yang artinya menurut ilmu tatabahasa ialah menolong sesuam. Sedangkan pengartiannya menurut istilah syari' .a ilah memotonghernbuang kulup (praeputium glandis) kemam atau duka: anak laki-laki, sehingga kepala dzakar itu terbuka gm 9:95:25.

Hadirin sekalian yang berbahagia ! Mengkhitankan anak itu adalah merupakan kewaiiban dari kedua orang tua muslin, karena dengan khitan berarti menghilangkan darah najis (kotoran) yang dapat menghalangi sahnya sholat. Den khitan itu juga merupakan pokok kebersihan/kesucian Islam. Edam suatu hadits yang diriwayatkan oleh Bukhory Muslim dari Abu Huni-ab, Rasulullah SAW. bersabda; '

"KHOMSUN MINAL FITHROTI: AL-KHITAANU, WAL IS'TIHDAADU, WAQOSHSHUSY SYAARIBI, WATAQLIIMUL ADHFAARI, WANATQUL IBTHI”.

Artinya . ”lima perkara termasuk kebersihan/kesucian, yaitu ( I ) Khi

tan, (2) mencukur rambut di tempat yang terlindung, (3). menggunting kumis; (4) memotong kuku, (5) mencabut bulu ketiak. ”

Hadirin serta para undangan sekalian yang berbahagia ! Mungkin timbul
suatu pertanyaan dari para hadirin, sejak kapan anak itu harus dikhitan. Menurut ajaran Islam tidak ada suatu ketentuan yang pasti umur berapa anak itu harus dikhitan. Sebab Rasulailah saw. sendiri mengkhitankan cucu-cucu beliau yang bernama Haan dan Husain ketika mereka berdua berusia delapan hari.

Tetapi pada umumnya anak-anak laki disunatkan/dikhitankan ketika berumur 7 tahun. Hal ini dihubungkan orang dengan kewajiban seorang anak mengerjakan sholat apabila sudah mencami umur mini: tahun, sehingga pada saat itu anak tersebut lebih


terjamin kebersihannya. Akan tetapi ada anak yang dikhitankan oleh orang tuanya sesudah berusia 10 tahun, malah ada yang lebih dari itu.

Hadirin sekalian yang berbahagia ! Selanjutnya timbul pertanyaan pula dalam benak kita itu,apakah

khitan itu hanya untuk laki-lakirsaja, apakah perempuan juga harus dikhitan.

Menurut madzhab Syafi'i, anak-anak perempuan harus juga dikhitan. Caranya lebih mudah dan sederhana daripada anak laki-laki, yaitu dengan jalan menyayat saja kulit bagian sebelah atas dari vulva. Mungkin karena cara dan prosesnya yang lebih mudah itu maka anak perempuan pada umumnya disunat pada waktu berumur antara 2 3 tahun, malah banyak juga terjadi dalam berusia beberapa bulan. _Berbeda dengan pengkhitanan anak lakilaki, yang biasanya diberitakan kepada keluarga-keluarga yang terdekat, maka pengkhitanan anak perempuanpada umumnya dilakukan secara diam-diam, yang hanya diketahui alert… bapaknya saja. Tidak pernah orang mengadakan pesta atau se amatan karena mengkhitankan anaknya yang perempuan.

Hadirin sekalian yang berbahagia ! " .

Khitan yang sudah merupakan anjuran atau kewajiban bagi arang Islam ini pasti mengandung hikmah dan manfaat.

Ditinjau dari segi kebersihan, bahwa khitan itu adalah suatu perbuatan yang’ menuju kebersihan. Dan kebersihan itu sendiri dalam Islam dianjurkan. Misalnya mengambil air wudlu sebelum mengerjakan sholat, mandi jinabah sesudah melakukan hubungan seksual,.atau bagi wanita-wanita yang baru selesai haidl atau ni' .fas, dan lain sebagainya yang semuanya itu adalah bermotifkan untuk memelihara kebersihan itu, Dan kebersihan itu sendiri adalah sebagian daripada iman :

”AN NADHOOFATU MINAL IIMAANI”.'

Artinya : ”Kebersihan itu adalah sebagian (separo) daripada iman”?


Dan dilihat dari segi, kesehatan, maka khitan itu adalah ssuatu usaha pencegahan (preventif) terhadap penyakit. Para pakar kedokteran telah sepakat berpendapat., bahwa dengan melakukan Khitan itu tercegahlah tertinggalnya zat.-zat. dan hama-hama di ujung alat kelamin laki-laki, yang pada waktu .persetubuhan bisa masuk kedalam rahim perempuan,

Demikianlah sepatah kata dua kata sambutan kami dalam rangkai walimatul khitan, semoga bermanfaat bagi kita semua, utamanya bagi bapak Shohibul hajat, yang pada malam ini telah mengadakan walilmahan atas khitanan anaknya besuk pada hari .............pukul............

Terimakasm atas segala perhatiannya dan mohon maaf atas segala
kekurangan dan kekhilafannya.


 UUSHIIKUM WA-IYYAAYA BITAQWALLOOHI, WASSALAMU’ALAIKUM WAROHMATULLOOHI WABAROKAATUH

Baca juga : PIDATO LAINYA





Artikel Terkait


EmoticonEmoticon