Monday, January 30, 2017

DAKWAH ISLAM SINGKAT TENTANG SABAR

DAKWAH ISLAM SINGKAT TENTANG SABAR






Hikmah Perihal Sebuah Kesabaran (Indahnya Islam)
Assalamu'alaikum wrwb.

Dakwah Islam Singkat Tentang Sabar,,Rasanya tiada bosannya kita berbicara tentang tabah, karena kesabaran dibutuhkan dalam segala aspek kehidupan kita. Dan tiang Iman yang melekat terhadap rasa optimisme yakni tabah. Tanpa kesabaran maka perasaan manusia akan tiap ketika menjadi korban segala masalah yang menghimpitnya. dakwah islam tentang sabar.Demikian pula kesabaran senantiasa mengilhami penyair dan penulis cerita untuk mengapresiasikannya dalam wujud Mutiara Hikmah.
Dalam tulisan ini akan dukutip beberapa kata hikmah dan pendapat ulama tentang kesabaran dan sejumlah hadist yang bertutur tentang kesabaran.Diantaranya yakni yang diriwayatkan Abdullah bin Maksud yang menuturkan bahwa rasulullah saw bersabda :
." kesabaran itu separuh Iman, dan keyakinan yakni Iman seluruhnya ."
Dalam hadist lain Rasulullah saw bersabda :
" Sabar dalam hubungannya dengan keimanan adalh ibarat kepala dengan tubuh ."
Aisyah binti Abu Bakar ash-Shiddiq ra berkata :
." Jika tabah itu berupa manusia, niscaya ia pemurah [dermawan] ."

Maksud pernyataan Aisyah yakni, bahwa kesabaran itu akan kembali pada orang yang bersabar dengan membawa kebajikan yang berlimpah. Demikain pulakeadaan orang demawan [pemurah].
Amirulmukminin Imam Ali bin abi Thalib -Karaama al-lah wajhah- memiliki bermacam-macam pendapat tentang keistimewaan kesabaran dan saran untuk bersabar.
Berikut pendapat beliau :
* Malu yakni perhiasan, takwa yakni kemuliaan, dan sebaik-baiknya kendaraan yakni kesabaran
Sabar itu ada 3 ragam :
- Sabar menhadapi petaka
- Sabar dalam melaksanakan ketaatan
- Dan tabah untuk tidak melaksanakan perbuatan maksiat . dan yang terakhir ini lebih tinggi derajatnya dibanding dua komponen lainnya.
* Qana'ah yakni pedang yang tepat sasarannya, dan kesabaran yakni kendaraan yang tidak pernah jatuh tersungkur
* Sebaik-baiknya perbekalan yakni kesabaran menghadapi percobaan
* kesabaran yakni kunci kelapangan, dan bertawakkal terhadap Allah swt yakni kesukacitaan.
* Menanti kesabaran dengan kesukacitaan yakni ibadah
* Singkirkanlah kedukacitaan darimu dengan " Azimat " dan keyakinan yang sebaik-baiknya
Hasan al Bashriy pernah memuji Imam Ali bin Abi Thalib -karaama al-lah wajhah-
* Ia tidak bodoh, dan bila dibodoh-bodohin, ia menyantuni, ia tidak zalim, dan bila dizalimi ia mengampuni, ia tidak bakhil dan bila dunia bakhil kepadanya ia bersabar.
Imam hasan bin Ali al-Mujtaba ra berkata :
* Kami sudah mencobanya, demikian pula orang lain mencobanya, ternyata kami tidak memperhatikan keberadaannya lebih bermanfaat dsn krtidak beradaannya lebih berbahaya ketimbang kesabaran .
* Dengan kesabaran, banyak hal dapat diobati , sementara kesabaran tidak dapat diobati dengan selainnya.
Ahnaf bin Qaisterkenal sebagai lelaki paling penyantun dimasanya. Pada suatu hari, seorang laki-laki bertanya kepadanya " Bagaimana anda dapat menjadi orang penyantun ?"
Ahnaf menjawab , " Saya bukan penyantun, Saya hanyalah orang yang bersabar. Kesabaran itu memberikan manfaat terhadap sifatku dengan kesantuan "
Seorang temannya bertanya," Apakah yang lebih dekat dengan kekafiran ?"
Ia menjawab," Orang yg benar-benar membutuhkan [fakir] namun tidak memiliki kesabaran ."
Ibnu Sammak, spesialis hikmah Arab berkata :
" Petaka itu satu. Jika orang yang tertimpa petaka berkeluh kesah dan tidak bersabar, petaka itu menjadi dua "
Artinya, keluh kesah dan ketidak sabaran justru menambah petaka, pertama yang menimpanya, yakni kehilangan pahala dari Allah swt yang sejatinya diberi terhadap orang-orang yang tabah.
Itabi berkata :
" Bersabarlah ketika petaka menimpamu, karena bersabar tidak membuat putus keinginan. kesabaran lebih utama selama engkau berpegang dengannya, dan akan lebih bagus kesabaran memenuhi dada."
KESABARAN YANG BAIK
Saat siberi kabarbahwa putranya Yusuf dimakan srigala dan putra-putranya membawa bajunya yang dilumuri darah palsu, Ya'kub as berkata yang disinyalir dalam firman Allah swt :
" Sesungguhnya dirimul sendiri yang menganggap bagus perbuatan [yang buruk] ini, maka kesabaran yang bagus itulah [kesabaranku] Dan Allah sajalah yang dimohonpertolongan-Nya terhadap yang kamu ceritakan ." [QS Yusuf : 18]
dakwah islam tentang sabar
Kesabaran yang bagus itulah yang membuat orang bersabar dapat menahan segala penderitaan. Ia tidak mengeluh selain cuma terhadap Allah swt. Kita senantiasa seharusnya membiasakan diri atau meilatih jiwanya bersabar akan memperoleh kekayaan rohani yang tiada habisnya dan bakal mendapatkan kesucsesan didunia dan akhirat. Semoga Allah swt memasukkan kita kedalam kategori orang-orang yang tabah, orang-orang yang diridhoi-Nya . . Amiin.

Dakwah Islam Tentang Sabar
By : dakwah33.blogspot.com

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon