Thursday, September 15, 2016

Tanda-Tanda Datangnya Hari Kiamat

Tags

Sebelum hari kiamat itu benar-benar datang dan terjadi, maka akan terdapat tanda-tanda yang berupa berbagai macam peristiwa dan kejadian. Adapun tanda-tanda akan terjadinya kiamat itu sendiri terdiri dari 2 kelompok.

Tanda-tanda kecil datangnya hari kiamat.
Yang pertama adalah merupakan tanda-tanda kecil, yaitu menandakan sekalipun saat datangnya hari kiamat sudah dekat, tapi masih agak lama juga. Tanda-tanda kecil ini diantaranya sudah nampak kita saksikan dan kita alami sekarang.

Hal ini telah nyata disebutkan dengan tegas di dalam sebuah Hadits, bahwa pada suatu hari Nabi Muhammad saw. keluar di hadapan orang banyak, lalu beliau didatangi malaikat Jibril seraya Jibril berkata: "Wahai Rasulullah, kapan saat datangnya hari kiamat?" Rasulullah menjawab: "Orang-orang yang ditanya itu tentunya tidak lebih mengerti dari orang yang bertanya". Namun demikian saya akan memberitahukan kepada anda tentang tanda-tandanya, yaitu;

    • Apabila perempuan budak telah melahirkan tuannya, itulah setengah dari tanda-tandanya; jika orang-orang yang telanjang kaki juga telanjang tubuhnya serta pekerjaannya pengembala kambing tiba-tiba menjadi kepala-kepala orang banyak, itu juga setengah dari tanda-tandanya; dan apabila pengembala kambing itu bermegah-megah di dalam gedung-gedung besar, itulah setengah dari tanda-tandanya. (HR. Ibnu Abi Syaibah dari Abi Hurairah)
Dalam hadits lain yang diberitakan oleh Anas ra. bahwa Nabi Muhammad saw. bersabda:
    • Bahwasanya setengah dari tanda-tanda hari kiamat ialah: ilmu diangkat; tampaknya kebodohan; perzinaan tersebar luas; khamr (arak ~ minuman keras) diminum (dengan leluasa bahkan sebagai kebanggaan); orang laki-laki pada pergi (banyak laki-laki yang mati dan bayi laki-laki sangat sedikit yang lahir); kaum wanita banyak jumlahnya, sehingga dalam 50 wanita hanya ada seorang pria.
Dari pengertian kedua hadits tersebut memberikan pengertian bahwa diantara tanda-tanda kecil yang menandakan akan datangnya dan terjadinya hari kiamat adalah:
  1. Seorang hamba sahaya perempuan dikawini tuannya.
  2. Orang-orang miskin dan pekerjaanya mengembala kambing tiba-tiba menjadi para pemimpin.
  3. Para pengembala pada hidup bermegah-megahan di gedung-gedung basar dan tinggi.
  4. Ilmu agama sudak tidak dianggap penting lagi.
  5. Tersebarnya perzinaan karena memperoleh izin resmi untuk didirikan tempat pelacuran/perzinaan dari masing-masing pemerintah yang bersangkutan.
  6. Segala minuman keras seperti khamr (arak) bisa diminum dengan leluasa dan bebas, peminumnya sudah tidak mengenal dosa, bahkan menjadi suatu kebanggaan.
  7. Jumlah laki-laki lebih sedikit karena sedikitnya bayi laki-laki yang dilahirkan dan banyak kaum laki-laki yang mati, sehingga jumlah wanita melebihi kaum laki-laki dengan perbandingan 50 banding 1.
Tanda-tanda besar datangnya hari kiamat.
Yang kedua adalah merupakan tanda-tanda yang besar. Jadi sesudah adanya tanda-tanda tersebut, maka hari kiamat sudah sangat dekat sekali datangnya. Maka di saat itulah akan terjadi berbagai macam peristiwa dan kejadian serta perubahan-perubahan yang sangat besar seperti peredaran alam sudah berubah.

Inilah tanda-tanda besar menjelang hari kiamat:
  1. Matahari terbit dan muncul dari arah barat.
  2. Adanya binatang ajaib yang muncul, binatang itu dapat berbicara (lihat surat An-Nahl ayat 82).
  3. Keluarnya Imam Mahdi.
  4. Keluarnya Dajjal.
  5. Keluarnya bangsa Ya'juj Ma'juj.
  6. Turunya Nabi Isa as.
  7. Keluarnya asap.
  8. Rusaknya Ka'bah.
  9. Lenyapnya Al-Quran dari Mushaf.
  10. Seluruh manusia di dunia menjadi kafir semuanya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon