Thursday, July 21, 2016

4 Hal Yang Diserukan Nabi Kepada Manusia

Tags

Setelah kejadian di dalam Gua Hira, Muhammad saw telah resmi menjadi Nabi dan Rasul Allah maka Nabi Muhammad saw. mulai menjalankan tugas kenabiannya. Beliau menyerukan beberapa hal kepada kaum atau umatnya.

Adapun yang diserukan Nabi Muhammad saw. kepada umat manusia adalah:

  1. Mengesakan Allah (tauhid) mutlak.
  2. Mempercayai adanya kehidupan Akhirat.
  3. Pembersihan jiwa.
  4. Memelihara kehidupan masyarakat Islam
1. Mengesakan Allah (tauhid) mutlak.
Manusia bukanlah budak/hamba apapun di buni atau langit, karena semua yang ada di bumi dan langit adalah makhluk ciptaan Allah, rendah dan kecil di hadapan Allah dan tunduk kepada ketentuan hukumNya. Diserukan kepada manusia untuk sadar bahwa antara Allah dan manusia tidak ada pihak ketiga / sekutu / pembantu / perantara. Setiap manusia berhak berhubungan langsung dengan Tuhannya tanpa memerlukan patung-patung. Manusia-manusia yang dijadikan sesembahan oleh agama lain dikembalikan kepada kedudukannya semula. Sebagai manusia mereka bukan lain adalah hamba-hamba Allah yang menciptakan mereka. Hubungan-hubungan individual dan sosial ditegakkan atas dasar prinsip mengesakan (tauhid) Allah secara sempurna.

2. Mempercayai adanya kehidupan Akhirat.
Pada suatu saat akan tiba saat yang tidak diragukan lagi, dimana semua manusia akan dihadapkan pada Tuhannya. Pada hari itu hanya tersedia 2 tempat: Surga tempat orang-orang yang saleh bergembira dan beristirahat, atau Neraka tempat orang-orang jahat menderita kepedihan dan kesedihan.
Ingat kepada kehidupan akhirat dalam setiap perbuatan akan dihitung. Seorang muslim akan menyadari bahwa hari-hari yang silih berganti, pada suatu saat akan berhenti dan dirinya akan kembali pada Tuhannya.

3. Pembersihan Jiwa.
Jalankanlah ibadah Allah dengan meninggalkan urusan-urusan lain. Janganlah menyekutukan sesuatu dengan Dia. Berbuat baiklah terhadap kedua orang tua. Jangan bunuh anak-anak karena miskin.


4. Memelihara kehidupan masyarakat Islam
Ukhuwah Islamiyah (persaudaraan Islam) diwajibkan dalam bentuk membela orang yangteraniaya. Abu Bakar selalu menolong orang muslim yang lemah yang disiksa tanpa menghitung-hitung tenaga dan harta. Itulah kewajiban individu terhadap masyarakat

Itulah seruan yang disampaikan Nabi Muhammad saw kepada umat manusia pada masa itu. Sehingga bisa dikatakan, seandainya yang dibawa oleh Muhammad saw. itu bukan suatu agama, itu tetap baik bagi perangai manusia.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon