Monday, July 25, 2016

Jalan Untuk Mendapatkan Kebahagiaan Di Dunia

Tags

Agama Islam tidak semata menyuruh umat muslim hanya kerjanya beribadah untuk akhirat saja. Agama Islam tidak melarang umat manusia untuk mendapatkan hidup yang bahagia di dunia ini. Bahkan ajaran agama Islam memberikan petunjuk atau jalan bagaimana supaya hidup bahagia di dunia dan dapat dinikmati oleh kaum muslimin.



Adapun petunjuk atau jalan yang dianjurkan agama Islam kepada umatnya untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia dapat diraih dengan cara berikut:
  1. Ilmu
  2. Ibadah
  3. Rezeki yang halal
  4. Sabar
  5. Bersyukur

1. Ilmu
Untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia, Islam menyuruh umatnya untuk menuntut ilmu atau belajar. Dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang maka ia akan bisa mendapat pekerjaan berdasarkan ilmu yang ia miliki itu. Semakin pandai atau semakin banyak ilmu seseorang maka akan semakin mudah baginya untuk mendapatkan pekerjaan. Tentu ini akan bisa membuat hidupnya akan bahagia dari hasil pekerjaannya itu bisa membiayai segala kebutuhan hidupnya.

2. Ibadah
Ketika seseorang telah berilmu dan berpengetahuan yang luas, diharapkan ia akan semakin rajin pula beribadah.
Dengan ilmu pengetahuan mengenai agama yang ia miliki, tentu ia mengetahui betapa sengsaranya hidup di neraka nanti dan begitu senangnya hidup di surga. Dengan demikian ia akan semakin rajin beribadah untuk bisa menjadi penghuni surga. Dan ketika beribadah tersebut ia akan mendapatkan ketentraman jiwa, dan ketentraman jiwa itu adalah sebuah kebahagiaan yang dinikmati di dunia.

3. Rezeki Yang Halal
Cara untuk mendapatkan hidup yang bahagia di dunia adalah dengan cara mencari rezeki yang halal.
Ketika seseorang mencari rezeki dengan cara yang tidak halal maka ia tidak akan mendapatkan kebahagiaan dalam hidupnya di dunia.
Misalnya:
Ketika seorang koruptor yang tertangkap dan kemudian dimasukkan dalam penjara. Maka jelas terlihat bahwa ia sudah tidak mendapatkan kebahagiaan hidup di dunia.

4. Sabar
Jalan lain yang diajarkan oleh agama Islam kepada umatnya adalah Sabar. Bersabar ketika mendapat cobaan. Apabila seseorang bisa bersabar ketika menghadapi cobaan maka dipastikan ia akan mendapatkan kebahagiaan hidup di dunia ini.


5. Bersyukur
Jalan yang terakhir yang dianjurkan dalam agama Islam untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia adalah dengan cara bersyukur.
Bersyukur ketika mendapat rezeki yang diberikan Allah swt dan selalu bersyukur karena telah diberi rahmat olehNya.
Apakah anda tidak merasa bahagia ketika anda telah bersyukur kepada Allah swt yang telah memberikan kehidupan yang serba berkecukupan kepada anda?

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon