Tuesday, March 7, 2017

Nasihat Sukses Kepada Putranya

Tags

Nasihat
Kepada Putranya

(Ukhty Nayifah Uwaimir)




Wahai puteraku …
Agar engkau menjadi seorang raja yang berwibawa di hadapan manusia ..
Janganlah berbicara di dalam beraneka urusan ..
Kecuali setelah mengecek kebenaran sumbernya ..
Dan terkecuali seseorang datang mempunyai berita, cari bukti kebenarannya sebelum saat dengan berani engkau berbicara ..

Hati-hati dengan isu .. jangan percayai tiap-tiap yang dikatakan, jangan pula yakin suatu hal yang setengah engkau melihat ..
Dan terkecuali engkau meraih cobaan berbentuk seorang musuh .. hadapi dengan berbuat baik kepadanya .. tolak dengan cara yang lebih baik, niscaya permusuhan itu beralih menjadi cinta kasih

Jika engkau hendak mengungkapkan kejujuran orang, ajaklah ia pergi dengan .. di dalam bepergian itu jati diri manusia terungkap .. penampilan lahiriahnya bakal luntur dan jatidirinya bakal tersingkap! Dan “bepergian itu disebut safar gara-gara berfaedah mengungkapkan yang tertutup, mengungkapkan akhlaq dan tabiat”.


Jika engkau diserang banyak orang waktu engkau berada di atas kebenaran .. atau terkecuali engkau diserang dengan kritikan-kritikan buruk .. bergembiralah .. gara-gara mereka sebetulnya sedang berkata: “engkau orang yang berhasil dan berpengaruh”, sebab,
• anjing yang mati tidak bakal ditendang,
• dan tidak dilempar terkecuali pohon yang berbuah


Wahai puteraku ..
Jika engkau hendak mengkritik, biasakan untuk melihat dengan mata  lebah .. dan jangan melihat orang lain dengan mata lalat, gara-gara engkau bakal terjatuh kepada perkara yang busuk!

Tidurlah lebih awal wahai puteraku agar sanggup bangun lebih awal .. gara-gara keberkahan ada di pagi hari, dan aku kuatir kehilangan kesempatan meraih rizki Allah yang Maha Penyayang disebabkan engkau begadang di malam hari, agar tidak sanggup bangun pagi!


Akan aku ceritakan kepadaku kisah seekor kambing dan serigala, agar engkau safe berasal dari orang yang berbuat makar ..
Dan waktu seseorang memberikan tsiqah-nya kepadamu, jangan hingga engkau mengkhianatinya!

Akan aku ajak engkau ke sarang singa .. bakal aku ajarkan bahwa singa itu tidak menjadi raja hutan gara-gara aumannya!!
Akan tetapi, gara-gara ia berjiwa tinggi! Tidak berkenan memakan hasil buruan binatang lain, betapapun ia lapar .. dan perutnya melilit-lilit .. jangan mengambil jerih payah orang lain .. gara-gara engkau menjadi keji!

Akan aku ajak engkau menemui bunglon .. agar engkau melihat sendiri tipu dayanya! Bunglon mempengaruhi warna dirinya sesuai dengan daerah ia berada .. agar engkau tahu bahwa yang layaknya bunglon itu banyak .. dan berulang-ulang! Dan bahwasanya ada orang-orang munafik .. banyak pula manusia yang berganti-ganti pakaian .. dan berlindung dibalik alasan “ingin berbuat baik”.


Wahai puteraku ..
Biasakan engkau bersyukur .. kepada Allah! Cukuplah menjadi alasan untuk bersyukur kepada-Nya bahwa engkau sanggup berjalan, mendengar dan melihat!
Bersyukurlah kepada Allah, dan syukuri pula manusia .. gara-gara Allah SWT bakal menambah orang-orang yang bersyukur
Dan manusia bahagia waktu mendapati seseorang yang diberi suatu hal lantas orang itu menghargainya!

Wahai puteraku .. ketahuilah bahwa cii-ciri utama yang paling agung di dalam kehidupan ini adalah cii-ciri jujur!
Dan bahwasanya kebohongan, biarpun nampak memberi keselamatan .. tapi jujur lebih berakhlaq bagimu! Dan bagi orang sepertimu!


Wahai puteraku …
Persiapkan alternatif untuk segala urusan .. agar engkau tidak membuka jalan kehinaan!
Manfaatkan segala kesempatan .. gara-gara kesempatan yang datang saat ini .. sanggup menjadi tidak bakal berulang!!


Jangan berkeluh kesah .. aku harap engkau optimis .. siap hadapi kehidupan ..
Jauhilah orang-orang yang putus asa dan pesimis, lari berasal dari mereka! Dan jangan hingga engkau duduk dengan seseorang yang tetap melihat sial kepada segala hal!!


Jangan bergembira waktu melihat orang lain terkena musibah .. jangan pula menghina orang gara-gara postur atau penampilannya ..
Sebab dia tidak menciptakan dirinya .. dan waktu engkau menghina orang lain, terhadap hakekatnya engkau menghina ciptaan berasal dari Dzat yang Maha Mencipta dan Membuat bentuk rupa


Jangan membuka aib orang, gara-gara Allah bakal membuka aibmu di rumahmu .. gara-gara Allah-lah Dzat yang menutupi .. dan mencintai orang yang menutupi!
Jangan menzhalimi siapa pun .. dan terkecuali engkau hendak menzhalimi dan engkau terasa sanggup menzhalimi, ingatlah bahwa Allah SWT lebih mampu!

Jika engkau terasa hatimu mengeras, usaplah kepala anak yatim .. engkau bakal terheran-heran .. bagaimana usapan itu sanggup menghalau rasa keras hati berasal dari hatimu, seakan hatimu menjadi pecah dan melunak!

Jangan mendebat .. di dalam pembicaraan .. ke dua pihak merugi.
Kalau kami yang kalah, kami merugi telah kehilangan kebesaran kita, dan terkecuali menang, kami termasuk merugi, telah kehilangan orang lain yang menjadi lawan debat kami .. semua kami kalah .. baik yang terasa menang .. dan yang terasa belum menang!


Jangan monopoli pendapat .. yang bagus adalah engkau mempengaruhi dan dipengaruhi!
Hanya saja, jangan larut di dalam pendapat banyak orang .. dan terkecuali engkau terasa bahwa pendapatmu benar .. tegarlah dan jangan terpengaruh!


Wahai puteraku ..
Engkau sanggup mempengaruhi kepercayaan orang .. dan menguasai hati mereka tanpa engkau sadari! Bukan dengan sihir, bukan pula dengan jampi .. namun, dengan senyumanmu .. dan kosa katamu yang lembut .. dengan keduanya, engkau sanggup menyihir!!
Oleh gara-gara itu, tersenyumlah .. maha suci Allah yang telah menjadikan senyuman sebagai ibadah di dalam agama kita, dan kami meraih pahala darinya!!


Di Cina .. terkecuali engkau tidak tidak mahal senyum, mereka tidak bakal berikan lisensi kepadamu untuk membuka kedai ..
Jika engkDeau tidak menemukan orang yang tersenyum kepadamu, tersenyumlah engkau kepadanya!
Jika bibirmu terbuka gara-gara senyuman .. dengan cepat .. terbuka pula hati untuk mengekspresikan isinya


Jika orang meragukanmu, bela dirimu .. jelaskan .. dan beri info pembenarannya!
Jangan bahagia nimbrung dan mengenduskan hidungmu di dalam segala urusan .. jangan pula ikut-ikutan, berposisi dengan banyak orang waktu mereka bersikap!!
Wahai puteraku .. jauhkan dirimu berasal dari hal ini .. aku amat tidak bahagia terkecuali melihatmu layaknya ini!!


Jangan bersedih wahai puteraku terhadap apa yang berlangsung di dalam kehidupan! Sebab kami tidak diciptakan terkecuali untuk diuji dan diberi cobaan .. agar Allah melihat kami .. adakah kami bersabar?
Karena itu .. enjoy saja .. jangan keruh hati! Yakinlah bahwa jalan keluar dekat ..
“jika mendung tambah hitam, pertanda, sebentar ulang hujan”!!


Jangan meratapi masa lalu, cukuplah bahwa ia telah berlalu .. sia-sia terkecuali kami memegang gergaji kayu, lantas menggergaji!!
Tataplah hari esok .. persiapkan diri .. dan singsingkan lengan pakaian untuk menghadapinya!!

Jadilah orang yang mulia .. berbanggalah dengan dirimu!
Sebagaimana engkau melihat dirimu, begitulah orang lain bakal melihatmu ..
Jangan sekali-kali meremehkan dirimu!! Sebab engkau menjadi besar waktu engkau menginginkan besar .. cuma engkau saja yang mengambil keputusan ia menjadi kecil!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon